Monday, April 09, 2007

Bapa, Engkau sungguh baik..

Akhirnya masa prapaskah slese..
Tuhan Yesus telah bangkit, Ia telah menang setelah kematian akan dosa- dosa kita..
Ia sangat baik, Ia datang ke dunia menebus dosa kita orang- orang berdosa..
Selama masa prapaskah ini gue banyak banget nemuin kebaikan Tuhan yang begitu besar dalam hidup gue..
Gue makin sadar, kalo Tuhan berperan banget dalam hidup gue, dan tanpa Tuhan, hidup gue ngga akan berarti apa- apa..
Dia yang memberikan hidup buat kita,
Dia juga yang merancang hidup kita,
Dia yang memberikan begitu banyak karunia buat kita,
Dia juga yang memberikan cobaan- cobaan buat kita, biar kita semakin mengerti arti hidup yang Dia kasih buat kita..
Tapi semua itu bukan semata- mata membuat kita pasrah sepenuhnya tanpa usaha dan melihat rencana Tuhan ke depan buat kita.. NGGA BANGET..
Emang kita perlu banget pasrah sama Tuhan, karena semua itu diberikan Dia dan suatu hari nanti, bila saatnya tiba juga akan kembali lagi ke Dia.. Tapi yang terpenting adalah BERDOA & BERUSAHA..
Kita ngga pernah tauk apa rencana Tuhan buat kita, dan kita pasti punya cita- cita yang ingin kita capai, dan cara mencapainya adalah dengan BERUSAHA, dan ngga lupa BERDOA, mohon bimbingan Tuhan untuk membimbing kita biar semua yang kita lakukan berjalan lancar di bawah bimbingan-Nya..
Gue tauk ngga mudah buat kita melakukan semuanya, kadang susah buat gue nerima apa yang Tuhan kasih buat gue.. Manusia emang ngga pernah puas.. Udah dikasih ini, mau lebih, dikasih yang lebih, mau lebih lagi, sampai titik maksimum yang ada.. Emang ngga salah, motivasi itu perlu biar kita tauk sebenernya apa sih tujuan kita ngelakuin suatu hal, yah pastinya buat mencapai yang terbaik..
Kayak gue sendiri, gue sering banget mikir "Tuhan, aku mohon kali ini aja beri bantu aku dalam ujian ini, aku pengen banget dapet nilai bagus kali ini biar ngga ngecewain orang tuaku.." waktu ngerasa ujian ngga bisa. Truz pas ujiannya dibagiin ternyata gue dapet nilai yang lumayan, yah emang ngga sempurna 100, tapi setidaknya apa yang gue minta sama Tuhan udah dikabulin.
Tapi sayangnya gue malah ngga bersyukur sama Tuhan
walopun Dia udah ngasih apa yang gue mau. Sebenernya ngga susah kan? Gue cukup berdoa ato berkata dalam hati "Terima kasih Tuhan..", gue malah mikir
"Yah, cuma salah dikit banget, ahh.. coba dikitt lagi aja, sempurna kan bisa dapet 100..", seperti yang gue bilang tadi, menusia emang ngga pernah puas..
Sebenernya sifat ngga pernah puas juga perlu, biar kita lebih termotivasi buat mencapai apa yang kita mau, tapi yang terpenting juga adalah rasa BERSYUKUR..
rasa SYUKUR & TERIMA KASIH sama Tuhan atas apa yang udah Dia kasih ke kita..
Kayak cerita Frater Tommy, pembimbing Bina Iman gue waktu SMP dulu, "kamu liat aja, kalo menjelang ujian, gua Maria ato kapel, tempat- tempat berdoa gitu pasti rame banget, semua minta bimbingan Tuhan biar pada lulus ujian. Tapi apa yang terjadi ketika udah jaman- jamannya pengumuman ujian & mereka pada lulus? Mungkin sedikit banget dari mereka yang kembali ke gereja, gua Maria ato kapel buat bilang TERIMA KASIH TUHAN, semua sibuk seneng sendiri tanpa mikir kalo semua yang kita dapet itu ngga lepas sama karunia yang dikasih Tuhan buat kita..", bener, bener banget..
Tema APP kali ini nyadarin gue banget "BERSYUKURKAH AKU?", coba deh renungin kata- kata itu untuk beberpa saat..
Apakah selama ini kita udah cukup bersyukur sama apa yang diberikan Tuhan buat kita?
Selain itu, pernah ngga temen- temen ngerasain kehadiran Tuhan dalam hidup temen- temen?
Yang terakhir gue sadar Tuhan hadir dalam hidup gue adalah waktu gue bener- bener ngga bisa ujian, semua yang udah gue plajarin mati- matian sia- sia, nilau UTS gue yang dapet 92 juga sia- sia kalo UAS gue jeblok, udah siap- siap ngga lulus gue nangis seharian, ngga bisa makan, ngga bisa tidur, pusing, stress berat mikirin nilai gue nanti, sampe malem itu gue baca 1 artikel di renungan harian gue, begini kata- katanya:

Jika kau merasa lelah dan tak berdaya dari usaha yang sepertinya sia-sia...
Tuhan tahu betapa keras engkau sudah berusaha

Ketika kau sudah menangis sekian lama dan hatimu masih terasa pedih...
Tuhan sudah menghitung airmatamu

Jika kau pikir bahwa hidupmu sedang menunggu sesuatu dan waktu serasa berlalu begitu saja...
Tuhan sedang menunggu bersama denganmu

Ketika kau merasa sendirian dan teman-temanmu terlalu sibuk untuk menelpon...
Tuhan selalu berada disampingmu

Ketika kau pikir bahwa kau sudah mencoba segalanya dan tidak tahu hendak berbuat apa lagi...
Tuhan punya jawabannya

Ketika segala sesuatu menjadi tidak masuk akal dan kau merasa tertekan...
Tuhan dapat menenangkanmu

Jika tiba-tiba kau dapat melihat jejak-jejak harapan...
Tuhan sedang berbisik kepadamu

Ketika segala sesuatu berjalan lancar dan kau merasa ingin mengucap syukur...
Tuhan telah memberkatimu

Ketika sesuatu yang indah terjadi dan kau dipenuhi ketakjuban...
Tuhan telah tersenyum padamu

Ketika kau memiliki tujuan untuk dipenuhi dan mimpi untuk digenapi...
Tuhan sudah membuka matamu dan memanggilmu dengan namamu

Ingat bahwa dimanapun kau atau kemanapun kau menghadap...
Tuhan tahu..

Gue langsung nangis baca tulisan ini, gue ngerasa Tuhan Yesus ada di sebelah gue, nemenin gue nangis & membisikan kata- kata ini..
Seolah Dia lagi bilang "yah udahlah, jangan takut, Aku tahu kamu udah berusaha dan Aku menghargai usaha dan air matamu.."
Tuhan itu baik, Dia sangat baik, Dia satu- satunya sahabat kita disaat seluruh dunia membenci dan mengucilkan kita.. Tuhan mengerti apa yang kita rasakan.. Dia memberikan suatu cara sehingga kita bisa ngerasain kalo Tuhan itu bersama kita, Tuhan sayang sama kita, Tuhan bekerja dalam hidup kita, Tuhan punya rencana yang indah pada hidup kita, dan hidup kita ngga ada apa- apanya tanpa campur tangan Tuhan.
Akhirnya tiba saatnya pengumuman nilai gue, dengan gemetar gue liat nilai di papan pengumuman: B.. Bukan E, bukan D, bukan C, Bukan C+, dan bukan B-
Emang bukan B+, bukan A-, dan bukan A..
Tapi gue bener- bener seneng udah dapet B, emang bukan nilai sempurna seperti yang gue cita- citain sebelumnya.. Yah mana mungkin A secara UAS gue yakin ngga bisa..
Nilai B ini bener- bener bikin gue sadar kalo Tuhan sayang sama gue, dia mendengar segala yang gue minta, dan Dia punya rencana buat gue..
Tuhan mau gue lebih usaha belajar dan ngga males, walopun mungkin dari awal gue tauk kalo gue dapet dosen baek yang katanya nilainya gampang, walopun UTS gue 92, walopun nilai tugas gue juga terjamin ngga jelek, gue harus tetep usaha dan ngga bolah males, karena seberapapun yang gue kerjain, yah itu juga yang akan dinilai.
Terima kasih Tuhan.. =)

Bapa, Engkau sungguh baik,
kasihMu melimpah di hidupku.
Bapa, ku bertrima kasih,
berkatMu hari ini yang Kau sediakan bagiku

ku naikkan syukurku
buat hari yang Kau bri
tak habis- habisNya kasih dan rahmatMu
slalu baru dan tak pernah terlambat pertolonganMu
besar setiaMu di spanjang hidupku..

No comments:

Why would I even Consider Thinking of Self-Upgrading?

Pernahkah kalian berpikir "Kenapa ya gw kok segini2 aja? Udah kerja sekian tahun disini tapi ya begini2 aja, there is not much differen...