Monday, March 19, 2007

"Hidup itu jalan Tuhan.."

Pernah ga sih elo mikir apa artinya kita hidup?
dilahirin ma nyokap, udah agak gede, disekolahin dari TK, SD, SMP, SMA, kuliah deh..
kita udah dianggep dewasa, lulus jadi sarjana, akhirnya menemukan orang yang dicintai & mencintai kita, yang diciptakan Tuhan buat kira, married, punya anak, besarin anak- anak yang udah kita lahirin, nyekolahin anak- anak kita, sampe mreka besar, sukses, dapet pendidkan yang bener, ngejalanin sesuatu yang udah pernah kita rasain sebelumnya, dan pastinya jadi seperti apa yang kita inginkan, mungkin hal- hal yang belom bisa kita capai, kita arahkan anak- anak kita biar bisa mencapai apa yang kita harapkan tersebut. Tapi ada juga orang tua yang ngebiarin anak- anak mreka tumbuh dan berkembang apa adanya, sesuai apa yang diinginkan si anak, contohnya ortu gue.. Mreka ga pernah nuntut gue mao jadi apa.
Bisa gue liat waktu gue SMA 1 akhir- akhir gitu, pas mo masuk penjurusan IPA ato IPS gitu, disaat gue ngeliat banyak banget orang tua yang berharap anaknya masuk IPA, entah apa tujuannya. Mungkin kebanyakan ortu mikir lebih banyak peluang buat berkarir dari IPA daripada IPS, contohnya: elo bisa jadi dokter kalo elo dari IPA, tapi pernah ngga lo nemu dokter lulusan IPS? ngga pernah kan.. (walopun ternyata gue denger ada 1 universitas dimana IPA / IPS bisa masuk smua jurusan..)
dari IPA bisa kemana aja, kalo IPS tuh terbatas, paling banyak yah ke Ekonomi, kalo ngga yah Hukum, Psikologi, dan teman- temannya..
Anak IPA juga ngga semuanya ke Teknik, Kedokteran, Biotek, dan teman- temannya itu..
3 anak 1 seksi gue waktu semester 1 yang deket sama gue, kemana- mana berempat, mereka bertiga bahkan dari IPA smua.. temen- temen SMA gue yang IPA juga banyak banget yang ujung- ujungnya berakhir di Akuntansi, sama kayak gue..
Sama aja, gue juga bingung waktu mao penjurusan kls 1 SMA itu.
Udah punya anagn- angan sih bakal mikih Akuntansi, tapi ngga yakin juga, makanya pengen milih IPA, secara kayaknya orang- orang dan orang tua pada umumnya pasti lebih bangga kalo anak- anak mereka masuk IPA daripada IPS.. Ngga sedikit orang lowh yang mikir kalo anak- anak IPS itu "anak buangan", maksudnya yang kagak mampu di IPA yah di'buang'lah ke IPS. Tapi gue bener- bener ga setuju kalo dibilang begitu.. Gue pernah baca artikel yang menuliskan perbedaan anak- anak IPA dengan anak- anak IPS, disitu disebutkan kalo anak IPA tuh bertentangan banget dah sama anak IPS.
Contohnya: anak IPA tuh ke sekolah bawanya kalkulator, pake kacamata tebel, baca buku juga tebel- tebel. Sedangkan anak IPS, ke sekolah bawa rokok, tas'nya enteng, heh? gue ngga setuju banget tuh.. Gue yang anak IPS ini juga bawa kalkulator dari dulu sampe udah kualiah sekarang. Pernah malah temen gue anak IPA minjem kalkulator gue waktu dia ada test dadakan. Ngga jaminan banget lagi kata orang- orang kalo anak IPS itu anak brandal, dll.. yang gue tangkep dari bedanya anak IPA sama IPS adalah anak IPA tuh belajar lebih banyak tentang ilmu pengetahuan alam, fisika, biologi, kimia. Sedangkan anak IPS belajarnya lebih mengarah ke hal- hal sosial, sosiologi, geografi, sejarah dan ekonomi.
Udah, that's all.. itu aja, ngga lebih.
Hmm, gue lanjutin cerita gue tadi, akhirnya bener apa yang gue pikirin sebelomnya, masuklah gue ke akuntansi. makanya, makasih banget ma ortu hue yang ga nuntut banyak "gue harus masuk IPA", terserah aja ma gue'nya.. dipikir- pikir, bayangin kalo waktu itu beneran gue masuk IPA, ngga lagi belajar ekonomi, dll.. tiap hari tersiksa dengan MaFiA, ujung- ujungnya beneran ngga kepake, masuk akuntansi, ngga ngerti dasarnya akuntansi karena ngge dipelajarin pas SMA (meskipun gue udah sedikit belajar ini waktu SMP).
Jadi inget sesuatu yang gue pikirin sebelum tidur kemaren malem.
Gue pernah baca 1 artikel yang mengatakan bahwa: apa yang diberikan Tuhan buat kita, itulah yang terbaik.. Rencana-Nya selalu yang terindah buat kita. Meskipun kadang kala kita jatuh dan merasakan sakit, itu juga termasuk rencana Tuhan yang baik buat kita, sama aja kayak kayu yang mau dibentuk jadi meja.
Kayu itu pastinya harus di-gergaji, diserut, dipoles abis deh sampe berubah banget jadi meja yang bagus banget, yang mahal banget kalo dijual nanti. Bayangin kalo kayu yang lagi diserut tadi bisa teriak, mungkin dia juga nangis, teriak kesakitan, tapi akhirnya bener kan, dia jadi bagus..
Sama kayak kita, sekarang ini Tuhan lagi ngebentuk kita bisar jadi sesuatu yang baik sesuai rencana-Nya.
Tapi hal itu bukan semata- mata membuat kita 'pasrah'.. 'Pasrah' yang gue maksud ini bukan pasrah yang gimana.. Berpasrah sama Tuhan emang harus, wajib.. Itu pesen Aristo, salah satu temen gue yang bandell banget, waktu gue down banget ngga bisa uas SP & takut ga lulus, gue sempet nanya ke dia "To, kalo sekarang gue cuma berdoa sama Tuhan dan minta Dia ngasih gue kesempatan buat berusaha lebih baik nanti & bisa lulus sekrang kira- kira masih guna ngga yah?", katanya "Yah iyalah.. Berpasrah sama Tuhan tuh jalan yang terbaik taukk..", singkat, padat, jelas. Terima kasih Aristo.. ^^
Pasrah sama Tuhan itu perlu, perlu banget, cobain deh.. Disaat elo ngerasa stress, tak berdaya, coba deh doa, pasrah sama Tuhan, pasti elo bakal ngerasa lebih tenang..
Tapi kita ngga boleh sepenuhnya pasrah aja, seperti kata Mother Teresa dalam motto'nya, "ora et labora", yang artinya "berdoa dan bekerja", Selaen berdoa, pasrah sama Tuha, kita juga harus berusaha..
Sama aja sebelom ujian elo berdoa terus, siang dan malem berdoa, tapi sama skali ngga belajar. Mana bisa elo sukses?! begitu maksudnya..
Hmm, balik lagi ke topik awal tentang pemahaman gue tentang hidup..
Berusaha ngebesarin anak- anak kita, titipan Tuhan buat kita, itu pasti harapan setiap orang, melihat anak- anak kita tumbuh besar, punya anak, melihat cucu- cucu kita, mungkin sampai saat itu kita bener- bener ngerasa Tuhan itu baik banget.. Dia memberikan sesuatu yang indah buat kita.
Tapi jalan ngga selalu lurus kan? Hidup kita ngga selalu berjalan sesuai apa yang kita rencanakan, banyak cobaan, yah itu tadi, yang gue bilang "Tuhan lagi memproses kita buat jadi sesuatu yang baik tersebut", makanya kita ngga boleh nyerah, terus berdoa dan berusaha.
Gue inget banget waktu nonton berita malem kemaren.
Di Malang gitu, ada 1 keluarga yang kayaknya lumaya bahagia, 1 bapak pemilik bengkel yang biasa benerin motor- motor gede kayak Harley Davidson gitu, istrinya ibu rumah tangga, mereka punya 4 orang anak, 2 cowok, 2 cewek, masih kecil- kecil gitu, kalo orang bilang lagi lucu- lucunya deh.. Ternyata salah satu dari keempat anak mereka ada yang kena leukimia, alias kanker darah. Menurut berita, kerjaan si bapak kayaknya lagi agak surut, mereka perlu uang buat hidup, ditambah lagi si anak mereka yang sakit leukimia itu. Akhirnya si ibu frustasi, stress. Suatu siang tatkala si bapak sedang tugas kerja di Surabaya, si ibu ngasih keempat anaknya segelas susu, dimana masing- masing gelas terlebih dahulu dicampur potasium sebagai racun, tak lama kemudian, keempat anak mereka pun tewas. Si ibu membaringkan keempat anaknya di tempat tidur dengan rapih, difotoin anak- anaknya yang baru aja meregang nyawa, abis itu dia sms suaminya dengan pesen "Mas, saya udah membunuh keempat anak- anak kita", dia juga nulis surat wasiat gitu deh buat suaminya, mungkin nulis permohonan terakhir ato permintaan maaf, gue kurang tauk juga. Lalu si ibu pun bunuh diri dengan cara yang sama, minum susu yang udah dicampur potasium, dan meninggal. Saat pulang si bapak kaget pasti & bingung harus ngapain, melihat semua keluarganya udah terbaring tewas. Gue bener- bener ngga tega ngeliat si bapak nangis di TV. Iyalah, siapa juga ngga shock kalo yiba- tiba harus kehilangan apa yang dia punya..
Entah apa motif bunuh diri tersebut, tapi kalo himpitan ekonomi? benarkah? coz dari yang gue denger dari kesaksian guru sekolah anak- anak mereka, dimana anak- anak mereka bersekolah di sekolah internasional yang elit gitu, uang sekolah perbulan 1,1 juta, tapi sekolah udah memberi meringanan buat keluarga mereka dengan hanya membayar 75 ribu! Jauh bangat kan yah? dari 1,1 juta sampa 75 ribu. Kalo gitu kenapa si ibu memilih mati bersama keempat anaknya dan meninggalkan suaminya yang malang seorang diri?
Biarlah itu menjadi misteri, karena mungkin ngga bakal ada yang tauk..
Jadi, pada akhirnya, gue cuma mau bilang, dalam hidup ini pasti kita ngalamin masalah, karena hidup kita ngga mungkin tanpa masalah, tapi semuanya pasti akan bisa kita atasi kalo kita mau berusaha, kalo kita pasrah dan berdoa sama Tuhan, kayak pepatah "Tuhan tak akan memberikan cobaan yang tak bisa dihadapi umatnya.." So, never give up.. Ok?! ^____________^

No comments:

Why would I even Consider Thinking of Self-Upgrading?

Pernahkah kalian berpikir "Kenapa ya gw kok segini2 aja? Udah kerja sekian tahun disini tapi ya begini2 aja, there is not much differen...